Kantor Pelayanan Pajak Modern

“ Hari gini ngurus pajak harus kesana-kemari.... Apa Kata Dunia”

Mungkin sebagian dari kita sangat akrab dengan kata-kata yang ada di iklan Televisi tersebut.

Sebenarnya point penting yang ingin disampaikan dalam iklan tersebut adalah “ngurus” pajak sekarang gampang, kita tidak lagi harus mondar mandir dari satu meja ke meja yang lain jika berurusan dengan masalah pajak.

Kok... bisa ..... ???

Menyelesaikan suatu urusan yang harus berhadapan dengan birokrasi yang panjang, rumit dan menyebalkan mungkin itulah “image” yang sudah terbentuk dimasyarakat indonesia sampai – sampai terdengar ke telinga investor asing sehingga mereka harus berfikir 1000 kali sebelum memutuskan untuk berinvestasi di Indonesia.

Ternyata dengan di gulirkannya ide reformasi birokrasi dengan Direktorat Jendera Pajak sebagai salah satu pilot project-nya telah memberikan harapan baru bagi kita semua untuk mulai membenahi negeri ini yang dimulai dari penyederhanaan birokrasi.

Kantor Pelayanan Pajak sebagai ujung tombak Direktorat Jendera Pajak telah menerapkan Sistem Administrasi Modern dengan berusaha terus memperbaiki kualitas layanan kepada masyarakat melalui pemangkasan / penyederhanaan birokrasi yang ditunjang dengan kemajuan IT, kenyamanan tempat layanan dan hal-hal lain yang membuat para Wajib Pajak benar-benar merasa dilayani dan dihargai sebagai warga negara yang telah berpartisipasi dalam pembangunan negeri ini melalui andilnya dalam membayar pajak.

Dimana sih letak penyederhanaan birokrasinya... ?

Jika dulu Kita sebagai Wajib Pajak datang ke Kantor Pelayanan Pajak untuk suatu keperluan mungkin Kita akan mendatangi beberapa tempat misalnya : Tempat Pelayanan Terpadu ( TPT ), Seksi PPh Badan, Seksi PPN dan lain-lain. Tapi Hal tersebut tidak akan terjadi lagi di Kantor Pelayanan Pajak yang telah menerapkan Sistem Administrasi Modern.

Secara umum tempat yang akan biasa kita datangi di Kantor Pelayanan Pajak yang telah menerapkan Sistem Administrasi Modern Cuma ada 2 ( dua ) :

Pertama, Ruang Pelayanan Yaitu tempat jika kita ingin menyampaikan laporan bulanan atau tahunan, pengurusan NPWP dan lain sebagainya,

Kedua, Ruang Konsultasi yaitu suatu tempat yang disediakan bagi kita Wajib Pajak yang ingin bertanya dan berkonsultasi tentang masalah perpajakan. Disini kita Pajak akan di layani oleh seorang Account Representative ( AR ) yang memang mempunyai tugas melayani kita sebagai Wajib Pajak yang akan berkonsultasi tentang masalah perpajakan.

Account Representative ( AR ) bertugas melakukan pengawasan terhadap aktivitas dan kewajiban perpajakan serta memberikan layanan konsultasi atau penyuluhan kepada kita yang menjadi tanggung jawab AR tersebut.

Jadi kalo dulu Wajib Pajak harus menemui beberapa orang untuk berkonsultasi tentang berbagai masalah perpajakan tapi sekarang kita cukup menemui seorang AR yang telah ditunjuk untuk mendapat penjelasan tentang semua masalah pajak.

Kalo dulu kita ogah ke kantor pajak karena berpikir terlalu banyak birokrasi yang harus dilalui ditambah lagi sikap sebagian orang pajak yang “serem”, mungkin mulai sekarang pikiran tersebut sudah harus dibuang jauh-jauh.

Sekarang urusan dikantor pajak sudah sangat mudah, sederhana dan menyenangkan bahkan untuk menghilangkan kesan “serem” sebagian Kantor Palayanan Pajak yang telah menerapkan Sistem Administrasi Modern menempatkan security wanita yang akan menyambut kedatangan kita Wajib Pajak dengan senyum ramah sambil menanyakan keperluan kita.

Disamping itu Direktorat Jendera Pajak juga memberikan layanan perpajakan via telepon di KRING PAJAK : 500200

Sekarang dengan berlakunya Undang-undang Pajak Penghasilan yang baru ( belaku 1 Januari 2009 ) sepertinya “orang pajak” mau bener-bener memaksimalkan peranan pajak bagi kelangsungan bangsa dengan semakin mempermudah layanan sekaligus meningkatkan kepatuhan kita terhadap kewajiban perpajakan.

Karena layanan pajak sudah berubah maka kita sebagai wajib pajak juga harus mulai berubah menjadi Wajib Pajak yang baik.

Jangan takut lagi ke kantor pajak ............... KALAU BENAR KENAPA GENTAR !!!!

HIDUP INDONESIA .....!!!!

1 comment: