Biar Irit BBM, Mengendarai Mobil Harus Seperti Naik Sepeda

Otolovers semua pastinya menginginkan mobil yang irit BBM, apalagi harga BBM non subsidi terus naik. Bagaimana cara berkendara mobil yang irit atau hemat bahan bakar minya (BBM)?

Nah, kali ini Head of Field Service Departement Service Group After Sales Service Unit Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Boediarto, mencoba berbagi pengetahun mengenai cara berkendara mobil yang irit atau hemat BBM.

Menurut Boediarto, sebenarnya teorinya seperti orang naik sepeda. Ketika mulai jalan ambil tenaga sekencang-kencangnya kemudian setelah kencang gelindingkan.

"Istilahnya seperti itu. Kalau pada mobil ya awalnya kita gunakan secara maksimum. Kalau sudah dapat kecepatannya tahan di 40 km/jam dan tahan RPM di 1.500," kata pria yang akrab disapa Budi saat berbincang dengan detikOto, di Karawang, Jawa Barat, Rabu (5/12/2012).

Budi mengatakan, jika sudah melakukan hal demikian berarti tenaga yang dikeluarkan oleh mesin semakin minim dan bahan bakar yang dikeluarkan semakin kecil.

Hal lainnya yakni, hindari akselerasi spontan dan meminimalisir pengereman saat melakukan perjalanan yang padat maupun perjalanan di jalan tol.

"Kalau lagi jalan di tol usahakan konstan di 60 km/jam. Makin banyak konstan maka akan semakin irit," terangnya.

Sementara untuk kondisi jalan macet dan merambat usahakan tekan gas perlahan dan kalau waktunya berhenti lepas gas dan geser tuas ke posisi netral.

"Kalau berenti di lampu merah atau macet merayap dan berhenti maka usahakan mobil berada di posisi netral," timpalnya.

Hal terakhir yakni, atur penggunaan AC. Karena AC juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada mobil. "Kalau merasa sudah dingin di dalam mobil ya ada baiknya AC-nya lebih dikecilkan. Jangan sudah dingin terus dipantengin di suhu segitu," tutupnya.

sumber :www.detik.com

No comments:

Post a Comment